Selamat datang di Website Resmi Desa Kayubihi, semoga bisa memberi manfaat bagi seluruh masyarakat

Artikel

Upacara Ngusaba Kelod Desa Kayubihi

31 Juli 2018 12:18:17  Administrator  1.519 Kali Dibaca  Tradisi/Budaya

Desa Kayubihi terletak disebelah utara Kota Bangli sekitar 9 kilometer atau ditempuh dalam waktu 15 menit dari kota Bangli dengan Kendaraan. Desa Kayubihi merupakan salah satu Desa Bali Kuno yang masih menerapkan konsep dresta kuno yang terbukti dengan masih banyaknya aktivitas keagamaan unik  yang menggunakan sistem Dulu Apad.

Salah satu aktivitas keagamaan yang dilakukan baru-baru ini adalah Ngusaba Kelod yang sebelumnya sudah diawali dengan Ngusaba Dalem Pingit. Dalam pelaksanaan Ngusaba Kelod di Desa Kayubihi, ada beberapa tradisi langka yang dilaksanakan antara lain, pembuatan Tangas, Perang Taluh, dan Perang Lidi. Kegiatan Ngusaba Kelod dilakukan dengan diawali pembuatan Tangas sebagai simbol Ida Betara Putra Kembar yang terbuat dari pohon Bakung dan bunga. Setelah dilakukan pemlaspasan, Tangas tersebut diarak (di iring) ke Pura Pawoso.

Setelah puncak acara Ngusaba Kelod dilaksanakan, para anggota Desa yang terdiri dari Pemuda (teruna), Pemuit dan Uduhan meluapkan kegembiraan dengan beberapa prosesi. Kegembiraan dalam hidup ditunjukkan dalam tradisi Perang Taluh yang merupakan warisan leluhur yang diwariskan secara turun temurun. Perang Taluh ini bukan saling lempar dengan telor. Melainkan menggunakan bola yang dibuat dari janur ataupun daun aren yang ukurannya sebesar kepalan tangan anak kecil. Perang Taluh ini merupakan rangkaian dari prosesi Nyunding yang bermakna menunjukkan kegembiraan masyarakat karena telah diberikan kemakmuran. Selain itu, saat aksi saling lempar mulai, masyarakat tidak diperkenankan marah maupun dendam. "Tradisi ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep Tri Kaya Parisudha. Saat saling lempar, peserta tidak boleh berkata kasar, tidak boleh marah, dan juga tidak boleh dendam. Tradisi ini dilakukan oleh Desa Pemuit dengan Teruna Desa. Kegitan ini dilanjutkan dengan memberikan jotan kawas agung dan  jauman (daging dan jajan) kepada Janda (balu) yang sudah tidak produktif di Desa Kayubihi.

Kegiatan lain yang dilakukan adalah Perang lidi yang merupakan luapan rasa kegembiraan masyarakat atas upacara yang sudah berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini dilakukan oleh Desa Uduhan dan Desa Pemuit di Kayubihi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

Kayubihi on Android

Peta Desa

Sinergi Program

ProDeskel Pajak.go.id
SDGs Desa SIKS-NG

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Veteran, Desa Kayubihi, Bangli
Desa : Kayubihi
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80614
Telepon : 03665501182
Email : kayubihidesaku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:908
    Kemarin:1.525
    Total Pengunjung:1.862.822
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.213.60.33
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel