Selamat datang di Website Resmi Desa Kayubihi, semoga bisa memberi manfaat bagi seluruh masyarakat

Artikel

Goa Pelangi( Rainbow Cave) di Br. Dinas Kuta Undisan, Desa Kayubihi,Kec Bangli Kab. Bangli

23 Oktober 2019 02:34:48  Administrator  1.185 Kali Dibaca  Berita Desa

 Kayubihi, 23 Oktober 2019 Desa Kayubihi merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Bangli selain terkenal hasil Kerajinan Bambu. Desa Kayubihi ternyata  menyimpan Keajaiban alam yakni Goa Pelangi. Secara umum  Pelangi atau Bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit Pelangi merupakan fenomena alam yang sangat langka dan hanya bisa dilihat itupun hanya kalau terjadi hujan. Namun Fenomena pelangi ini sekarang dapat kita temui di Goa Pelangi di Banjar Dinas Kutaundisan ,Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli,Kabupaten Bangli. Kemunculan Pelangi pada goa ini membuat orang - orang menyebutnya dengan Goa Pelangi. Keberadaan goa pelangi ini belum banyak diketahui masyarakat luas, karena akses jalan menuju goa ini cukup sulit dan belum tertata.

Kadus Kutaundisan ‘I Nyoman Sudana’ menuturkan bahwa Keberadaan Goa Pelangi ini sudah ada sejak jaman Dahulu dimana di samping goa ini terdapat air terjun namun air terjun ini di kelola oleh PDAM Kabupaten Bangli dibuatkan bak penampungan air sehingga air terjunnya sudah tidak ada lagi. pada awalnya  ada sebuah  aliran sungai yang berada di Bawah Tanah dan lama kelamaan terbentuklah   sebuah Goa .Dari atas Goa ini muncul aliran air seperti air Hujan dimana rembesannya jatuh di depan goa  karena arahnya berhadapan dengan terbitnya matahari maka muncullah pelangi di Goa ini. Seperti halnya kita melihat Sun Set atau Sun Rise. Pelangi akan selalu muncul ketika matari terbit sampai jam 9 pagi.Untuk menuju Goa ini sekitar 15 s/d 20 menit karena jarak tempuh dan Medan yang agak sulit karena keberadaannya di Tukad Melangit. Pemandangan alam yang asri dan masih alami di sekeliling goa,  dapat menjadi daya tarik wisata .selain itu kehidupan masyarakat Di Br. dinas Kutaundisan yang sebagian besar adalah petani baik petani sayur mayur, jeruk,dll dapat menambah daya tarik wisata sepanjang jalan menuju goa pelangi ini masyarakat dapat mengunjungi perkebunan warga, bahkan rencananya pertanian  ataupun perkebunan warga akan dikembangkan menjadi sebuah agro wisata dimana kita dapat berwisata sambil belajar .

Beliau berharap kedepan agar pemerintah dapat membantu menata lingkungan terutama akses jalan untuk memudahkan masyarakat menuju ke Goa Pelangi sehingga nantinya dapat menjadi Destinasi Wisata  di Desa Kayubihi sendiri. 

Jika masyarakat ingin melihat Pelangi maka dapat langsung menghubungi Kadus Kuta Undisan I Nyoman Sudana. di Br. Dinas Kuta Undisan,Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli,Kab. Bangli.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

Peta Desa

Sinergi Program

ProDeskel Pajak.go.id
SDGs Desa SIKS-NG

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Veteran, Desa Kayubihi, Bangli
Desa : Kayubihi
Kecamatan : Bangli
Kabupaten : Bangli
Kodepos : 80614
Telepon : 03665501182
Email : kayubihidesaku@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:694
    Kemarin:1.125
    Total Pengunjung:1.744.321
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.146.34.191
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel